Riset: Mayoritas Wanita Semakin Semangat Berhubungan Intim di Usia Lanjut

Redaksi | 17 Agustus 2019 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Saat usia semakin bertambah, aktivitas fisik tak lagi selincah di usia muda. Tapi untuk urusan seks, justru sebaliknya.

Dalam studi yang dimuat di American Journal of Medicine, para peneliti menyebutkan mayoritas wanita semakin semangat berhubungan intim di usia lanjut. Para wanita jadi lebih mudah terangsang dan orgasme pun semakin sering terjadi.

Para peneliti percaya, hal ini disebabkan adanya keinginan para wanita untuk mempertahankan keharmonisan hubungan dengan pasangan lewat hubungan intim walau libido semakin menurun.

Studi yang dilakukan para peneliti dari University of California San Diego School of Medicine dan Veterans Affairs San Diego ini merupakan penelitian jangka panjang yang berlangsung selama 40 tahun.

Sebanyak 806 wanita diberi pertanyaan seputar aktivitas seksual, kesehatan, kondisi hormon, frekuensi libido, orgasme, kepuasan seksual, hingga ketidaknyamanan saat berhubungan intim. Para responden rata-rata berusia 67 tahun dan 63 persennya telah melewati masal menopause.

Berikut ini hasil penelitian tersebut seperti dikutip USA Today.

-    67% responden mengalami orgasme hampir setiap kali berhubungan intim. Responden yang usianya paling tua bahkan tercatat paling banyak mengalami orgasme.

-    1 dari 5 wanita berusia 80 atau lebih, mudah menerima rangsangan dan mengalami orgasme hampir setiap saat berhubungan seks.

-    Secara psikis, 24% responden merasa puas dan 54% merasa sangat puas dengan kedekatan emosional yang terjalin selama berhubungan intim. Semakin mereka merasa dekat dengan pasangan, semakin dahsyat pula orgasme yang dihasilkan.

-    Frekuensi berhubungan seks memang berkurang, tapi 47,5% responden di usia lanjut mengaku selalu merasakan kepuasan maksimal saat bercinta.

arsip

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait